Kamis, 02 Juni 2016

Beberapa Penyebab Gatal Pada Payudara

Banyak wanita sering kali mengalami rasa gatal di sekitar payudara. Kondisi seperti ini tentu saja membuat tidak nyaman dan perasaan khawatir.
Sebenarnya, rasa gatal pada payudara menjadi tanda adanya penyakit kanker payudara. Namun, jangan cmas dulu. Kanker payudara bukanlah satu-satunya penyebab rasa gatal di payudara. Munculnya, gatal-gatal pada daerah di sekitar payudara bisa terjadi karena alergi, kulit kering, pemakaian bahan bra yang tidak cocok, pemakaian sabun yang tidak cocok, infeksi, atau iritasi. Jadi, tidak semua payudara yang gatal merupakan gejala kanker payudara. Ikuti tips-tips berikut untuk mengatasi gatal pada payudara.

Bersihkan Payudara Secara Teratur
Periksalah puting payudara, jika terlihat bercak di daerah puting, pertanda kulit tersebut kering. Atasilah kulit kering dengan menggosok payudara secara perlahan dengan spons.  Gunakan sabun yang menggunakan formula ringan seperti sabun bayi atau sabun khusus payudara. Bersihkan daerah payudara sebanyak dua kali sehari dengan air dan sabun agar kebersihan dan kesehatan payudara terjaga.

Gunakan Bra Yang Sesuai Dengan Kondisi Kulit
Hindari pemakaian bra yang berenda. Untuk beberapa wanita, penggunaan bra berenda menimbulkan gatal  karena kulit payudara sensitif terhadap gesekan. Selain itu, gunakan bra yang bersih dan nyaman. Saat tidur lepaslah bra agar payudara dapat beristirahat sejenak.

Gunakan Minyak Penghilang Rasa Gatal

Jika gatal muncul, oleskan minyak penghilang rasa gatal pada payudara untuk mengurangi rasa gatal. Jika gatal masih berlanjut, segera periksalah  dan konsultasikan ke dokter agar memperoleh penanganan dan penyembuhan yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar