Kamis, 16 Juni 2016

Mengatasi Kulit Ketiak yang Hitam

Apakah ketiak terlihat berwarna kecoklatan, gelap, bahkan hitam? Jika demikian, tidak perlu khawatir karena hal itu bisa diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami di sekitar kita.

Ketiak mulus tanpa bulu memang selalu menjadi idaman setiap wanita. Sayangnya, sering kali ketiak mengalami perubahan warna menjadi lebih hitam sehingga tidak enak dipandang mata dan menimbulkan bau tidak sedap.
Beberapa penyebab ketiak hitam adalah akibat efek penggunaan deodoran yang berbahan kimia, tidak hati-hati saat mencukur ketiak, mencabut bulu ketiak, dan kurang  menjaga  kebersihan ketiak sehingga kotoran menumpuk dan menempel pada kulit ketiak dan menghitam. Untuk mengatasi masalah-masalah pada ketiak tersebut, berikut diuraikan bahan-bahan alami yang efektif dan bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya.

Bubuk Kunyit dan Mentimun
Bubuk kunyit dan mentimun memiliki zat aktif sebagai bahan pemutih alami. Siapkan mentimun ang sudah dihaluskan dan bubuk kunyit. Campurlah kedua bahan tersebut, lalu aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan kedua bahan tersebut pada ketiak. Kedua bahan tersebut terbukti efektif untuk meneghilangkan noda hitam dan memutihkan ketiak.

Batu Apung
Batu apung efektif sebagai bahan alami untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit ketiak cerah dan mulus. Caranya, bersihkan ketiak dengan air dan sabun, ambillah batu apung, dan gosokkan secara perlahan pada ketiak yang masih basah selama beberapa menit lalu bilas.

Jeruk Nipis dan Air Kapur Sirih
Perasan jeruk nipis dan air kapur sirih adalah kombinasi ampuh untuk mengangkat sel kulit mati pada ketiak yang hitam. Caranya, siapkan satu buah jeruk nipis, peras, dan campurkan dengan satu sendok air kapur sirih. Aduklah hingga rata lalu oleskan pada ketiak setiap habis mandi. Diamkan selama 15 menit hingga meresap ke dalam kulit. Lakukan secara rutin selama satu minggu.

Minyak Kelapa dan Kulit Jeruk
Minyak kelapa mengandung vitamin E yang dapat melembabkan kulit. Sedangkan, kulit jeruk mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kulit. Kedua campuran tersebut dapat memutihkan ketiak, menghilangkan bau badan dan meningkatkan produksi kolagen. Caranya, kulit jeruk diblender kemudian diberikan tetesan minyak kelapa hingga berubah menjadi butiran kasar. Gosokkan campuran tersebut pada ketiak.

Madu dan Pepaya

Madu dan pepaya bermanfaat untuk memutihkan ketiak. Pepaya mmeiliki kandungan asam arkobat yang efektif dalam mempercepat pengelupasan sel kulit mati. Sedangkan, madu memiliki kandungan vitamin C dan polifenol yang bermanfaat untuk  mempercerah kulit ketiak. Caranya, siapkan seperempat buah pepaya mengkel yang telah dihaluskan. Campurlah pepaya yang telah dihaluskan dengan dua sendok makan madu. Aduklah hingga rata kemudian oleskan di ketiak. Diamkan selama lebih kurang 20 menit. Lalu, bilas dengan air bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar