Kamis, 16 Juni 2016

Tips Mengatasi Nyeri Haid

Sebaian besar wanita pasti akan merasakan nyeri saat datang bulan. Nyeri yang muncul menunjukkan reaksi dari menstruasi itu sendiri atau sniyal adanya penyakit. Rasa nyeri sering kali mebuat sebagian wanita tidak nyaman saat beraktivitas terutama aktivitas yang padat. Masalah nyeri haid ditandai denngan kram dan rasa mules pada perut bagian bawah, pegal-pegal, badan lemas, mual, muntah, demam, dan  menggigil sehingga dapat mengganggu konsentrasi. Ikuti tips berikut untuk mengurangi nyeri saat haid agar tidak sampai menganggu aktivitas.

Mengompres Perut
Mengompres perut yang terasa nyeri dan kram dengan air hangat efektif mengurangi rasa sakit. Kita dapat menggunakan alat kompres khusus atau menggunakan handuk yang telah direndam air hangat dan diperas.

Minuman Hangat
Minumah hangat dapat mengatasi rasa nyeri atau sakit saat PMS. Jahe hangat, teh hangat, atau sup hangat dapat menjadi pilihan terbaik.

Berbaring
Berbaring di tempat tidur atau sofa dapat meregangkan otot-otot yang kaku dan pegal, terutama saat mengalami nyeri di punggung. Rebahkan tubuh sejenak, pejamkan mata, tarik napas panjang, buanglah perlahan. Lakukan berulang kali hingga merasa nyaman.

Pijatan Lembut
Pijatan ringat pada perut bagian bawah dapat mengurangi nyeri atau kram. Oleskan minyak kayu putih pada perut untuk mendapatkan sensasi hangat dan aroma menenangkan. Pijatlah dengan lembut, lalu usaplah ringan telapak tangan di bagian perut bawah.

Minum Jamu
Meminum jamu kunyit asam dapat membantu menghilangkan rasa nyeri dan kram pada perut. Selain itu, tubuh segar dan sehat selama menstruasi. Jika kita mempunyai waktu luang, sebaiknya membuat ramuan sendiri ramuan kunyit asam. Jamu buatan sendiri lebih terjamin kemanan dan kebersihannya.

Olahraga Ringan
Saat menstruasi datang, pada umumnya tubuh menjadi lemas dan tidak bergairah. Olahraga ringan dapat mengatasi masalah tersebut. Lakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki atau  senam yang dapat dilakukan sebelum dan selama menstruasi. Hal ini bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah dan membuat tubuh lebih sehat dan segar.

Konsultasi ke Dokter

Jika cara ini belum bisa membantu meredakan rasa nyeri saat menstruasi segera konsultasikan dengan dokter. Pemeriksaan ke dokter dapat membantu kita mencari tahu penyebab nyeri. Beberapa kasus yang lebih jarang, yakni nyeri menstruasi yang disebabkan  oleh penyakit, seperti  endometriosis, kista ovarium, penyakit menular seksual, dan masalah spiral (IUD). Jika penyakit tersebut tidak ditangani lebih dini dengan tepat dan cepat dapat menyebabkan kemandulan dan kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar