Rabu, 01 Juni 2016

Mengatasi Payudara Bengkok saat Menyusui

Payudara mengalami pembengkakan atau engorgement  pada umumnya terjadi karena aliran ASI terhambat dan tidak segera ditangani sehingga menyebabkan bendungan ASI pada payudara dan menimbukan rasa penuh dan nyeri pada payudara. Umumnya dua hingga enam hari setelah melahirkan, air susu terbentuk kali pertama (kolostrum) menjadi air susu yang matang. Jika air susu tidak segera dikeluarkan, payudara akan bengkak dan penuh dan terasa nyeri.

Jika tidak segera diatasi, bayi tidak dapat menyusu dengan benar dan dapat menyebabkan luka pada puting, selain itu saluran air susu akan tersumbat dan dapat memicu infeksi kalenjar payudara (mastitis). Akibatnya, ibu akan menyerah dan berhenti menyusui. Padahal momen menyusui adalah bagian penting yang dapat mempererat kasih sayang dan kedekatan antara ibu dan bayi. Jika kita mengalami masalah ini, simak solusi berikut untuk mengatasi payudara membengkak saat fase menyusui.

Kompres Payudara dengan Air Hangat
Kompreslah payudara dengan air hangat sebelum menyusui untuk memudahkan bayi mengisap puting susu. Keluarkan sedikit ASI sebelum menyusui agar payudara lebih lembut sehingga puitng lebih mudah diisap bayi.

Berikan Pijatan Lembut
Pijatlah payudara dengan minyak bayi atau minyak zaitun dengan arah memutar dari pangkal payudara kearah puting. Gerakan ini untuk memperlancar aliran air susu sehingga mengurangi rasa penuh dan tidak nyaman pada payudara. Saat bayi menyusui pijatlah payudara yang sedang diisap bayi secara perlahan untuk merangsang ASI mengalir.

Kompres Payudara dengan Air Dingin
Untuk meredakan rasa sakit dan bengkak pada payudara, kompreslah payudara dengan air dinginselama beberapa menit setelah menyusui.

Usahakan Menyusui Setiap Dua Jam Sekali
Sebaiknya berikan air  susu setiap dua jam sekali agar payudara cepat kosong. Beberapa kasus, bayi menolak menyusu karena rasa ASI yang  hambar, atasilah dengan mengosongkan payudara terlebih dahulu dengan cara memompanya. Kemudian baru berikan ASI kembali setelah hal ini dilakukan.

Daun Kubis

Kita dapat meredakan payudara yang tersumbat dengan menggunakan daun kubis. Letakkan 1 helai daun di dalam bra pada masing-masing payudara biarkan selama kira-kira 20 menit hingga daun layu. Lakukan cara ini rutin dua kali sehari untuk mengatasi payudara bengkak saat menyusui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar