Kamis, 02 Juni 2016

Menghilangkan Bau Badan

Bau badan muncul, salah satunya dipicu oleh keringat yang berlebih. Akibatnya, sering menurun rasa percaya diri. Beberapa pemicu munculnya bau badan adalah  tingkat emosional tinggi, hormon yang tidak seimbang, konsumsi makanan pedas, olahraga, kurang merawat kebersihantubuh, dan setres.
Untuk menghilangkan bau badan, bisa dilakukan dengan penggunaan produk-produk  bau badan, mulai dari yang berbentuk cair (dan agak lengket), krim, atau serbuk hingga roll on dan spray.  Bagaimana memilih penghilang bau badan agar membuahkan hasil maksimal? Ada baiknya, kita cermati tips dibawah ini.


Gunakan Produk Pengusir Bau Badan
Menggunakan produk yang mengandung deodoran dan antiperspirant. Deodoran dapat mengendalikan bau badan. Sedangkan, antiperspirant membantu mengontrol keringat. Pakailah deodoran sebelum berpakaian agar bahan aktif dalam deodoran tidak merusak warna pakaian. Gunakan secukupnya, jangan berlebihan kecuali jika keringat muncul berlebihan. Berdasarkan peneliatian, pemakaian deodoran yang terlalu sering dapat menimbulan bau badan makin tak sedap.

Menjaga Kebersihan Badan
Mandi secara rutin minimal dua kali sehari. kebiasaan ini bertujuan untuk membantu mengurangi keringat berlebih dan menyingkirkan debu dan kotoran di badan yan gmmeicu penyebab bau badan tak sedap. Terutama jika pulang larut malam, sebaiknya jangan melewatkan mandi dengan air hangat sebelum beristirahat. Bukan hanya untuk membersihkan badan tapi mandi menggunakan air hangat dapat membuat istirahat lebih nyaman dan merelaksasi otot-otot yang terasa kaku dan pegal.

Kenakan Pakaian Yang Tepat
Kenakan pakaian berbahan katun agar kulit dapat bernapas dan mengatasi keringat berlebih. Hindari bahan yang memicu iritasi dan keringat berlebih, seperti satin, jika akan beraktivitas di luar ruangan sepanjang hari.

Gunakan Jeruk Nipis Dan Lemon
Manfaatkan jeruk nipis atau lemon untuk mengurangi kadar keringat berlebih pemicu bau badan.selain itu, keduanya memiliki khasiat memutihkan ketiak yang hitam. Gosokkan jeruk nipis pada ketiak, mungkin reaksi pertama akan merasa perih atau mengalami iritasi ringan. Namun, jika ruam atau perih pada bagian terssebut tidak kunjung hilang, hentikan penggunaan jeruk nipis atau lemon.

Gunakan Batu Tawas
Tawas dapat digunakan sebagai anti-deodoran untuk menghilangkan bau badan. Celupkan tawas kedalam air, lalu oleskan pada ketiak secukupnya. Tawas biasanya dijual ditoko khusus menjual tanaman obat dan jamu-jamuan.

Rutin Mengganti Pakaian
Gantilah pakaian dengan pakaian bersih dan baru secara rutin setiap hari. Cucilah setelah pemakaian. Pakaian yang sudah dipakai bisanya meninggalkan debu, kotoran, dankeringat yang menempel, hal ini dapat menyebabkan bakteri mudah berdiam dan berkembang pada pakaian.

Suplemen Hijau
Berdasarkan penelitian dari Universitas Columbia suplemen hijau seperti klorofil dan zat sejenisnya dapat menetralkan bau badan pada tubuh.

Konsultasikan Ke Dokter

Jika masalah keringat dan bau badan sudah sangat parah dan cara-cara di atas tidak cukup untuk mengatasi, segera konsultasikan ke dokter. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan solusi medis yang paling tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar