Kamis, 16 Juni 2016

Mengatasi Komedo

Komedo pada hidung seringkali meresahkan apalagi jika dibiarkan, bisa menyebabkan munculnya jerawat pada wajah. Biasanya komedo muncul dipermukaan kulit wajah berupa benjolan hitam atau putih yang kurang sedap dipandang mata. Pada umumnya komedo muncul pada kulit wajah yang beriminyak karena pori-pori kulit tertutup kotoran dan debu yang menempel pada kulit. Komedo muncul karena penyumbatan kalenjer sebaceous di permukaan kulit dan bertugas memproduksi sebum.

Bagi kita yang mempunyai masalah dengan komedo, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan dirumah.

Stemaing (Menguapai) Wajah
Langkah pertama yang dapat dicoba adalah menguapi wajah untuk membuka pori-pori kulit. Caranya, siapkan baskom berisi air hangat, rasakan uap hangat pada permukaan kulit selama 15 menit. Pastikan tangan salam keadaan steril, secara perlahan ambilan komedo hitam pada pori-pori yang sudah terbuka. Ambilah kertas tisu dan balutlah pada jari-jari tangan untuk melindungi kulit dari kuku jari tangan. Jika komedo tidak mudah diambil, lebih baik biarkan dan jangan dipaksa untuk dikeluarkan karena akan membuat kulit meradang dan meninggalkan bekas luka pada kulit wajah.

Cleansing (Membersihkan)
Bersihkan wajah dengan air hangat suam-suam kuku untuk membantu membuka pori-pori wajah. Kemudian bersihkan dengan pembersih non-comedogenic untuk membantu mengangkat komedo. Lalu, basuh kembali wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori wajah.

Masker Alami
Bermasker untuk menghilangkan komedo yaitu dengan tomat. Siapkan tomat yang sudah dihaluskan kemudian jadikan masker wajah. Gunakan masker selama 20 menit. Setelah itu cucilah wajah untuk menghilangkan komedo-komedo yang ikut terangkat dan sisa masker dari wajah. Selain itu, kita dapat menggunakan masker avocad. Masker avocad sangat efektif menyerap minyak yang menjadi penyebab utama timbulnya komedo. Lakukan masker seminggu sekali untuk menjaga keseimbangan produksi minyak.

Scrubbing (Penggosokan)
Scrub berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati dan meregenerasi sel kulit baru. Sel kulit mati dapat memperburuk kondisi komedo jika tidak segera dibuang. Scrubbing wajah di bagian dahi, hidung, dan dagu secara rutin sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu. Ketiga daerah tersebut merupakan tempat tumbuhnya komedo.

Putih Telur
Kandungan putih telur berguna untuk mengangkat komedo di  wajah. Kocoklah putih  telur dan tempelkan kapas pada kocokkan putih telur. Lalu, kapas yang sudah basah oleh putih telur ditempelkan ke area yang berkomedi seperti di hidung.  Diamkan selama 20 hingga 30 menit hingga mengering di wajah dan wajah terasa kencang.  Cabutlah dengan pelan kapas yang menempel dihidung sehingga komedo akan ikut ketarik dan menempel dikapas. Setelahnya, bilalah wajah dengan air hangat.

Krim Jerawat
Gunakan krim yang mengandung benzoil peroksida. Benzoil peroksida  merupakan bahan aktif yang baik untuk membunuh bakteri, menyerap minyak serta cepat menghilangkan komedo dan jerawat.

Kulit Jeruk
Kulit jeruk efektif membuka pori-pori dan mengangkat komedo yang bersembunyi dibalik kulit. Caranya, blender kulit jeruk yang telah diberi sedikit air hingga menjadi campuran kental. Balurkan campuran tersebut diwajah, terutama sekitar hidung. Biarkan selama 30-45 menit lalu bilaslah dengan air bersih.

Melakukan Facial di Salon

Jangan mencoba mengeluarkan komedo sendiri apalagi jika komedo sulit dikeluarkan menggunakan tips-tips sebelumnya karena jika dipaksa akan menyebabkan iritasi. Untuk komedo membandel diperlukan bantuan ahli di salon kecantikan seperti facial untuk membantu mengatasi komedo agar mudah keluar  dari dalam kulit dengan  cara lembut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar