Kamis, 16 Juni 2016

Kebiasaan Buruk yang Memicu Permasalahan Kulit

Sadar atau tidak, kita sering melakukan hal-hal yang bisa memudarkan kecantikan dan tidak jarang menyebabkan terjadinya masalah kulit. Beberapa kebiasaan tersebut harus dihentikan demi menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang dapat memudarkan kecantikan.

Menggosokkan Rambut saat Masih Basah
Sering kali setelah keramas, kita menggosok-gosok rambut yang masih basah dengan handuk agar cepat kering. Kebiasaan ini harus dikurangi karena dapat merusak lapisan terluar rambut yang dapat memicu rambut rapuh, rontok,  kusut, dan mudah patah. Disarankan untuk membungkus rambut dengan handuk setelah keramas, tekan dengan lembut untuk menyerap air. Sisirlah rambut dengan sisir bergigi jarang untuk mengatasi rambut kusut.

Pemakaian Scrub Berlebihan
Hindari scrubbing pada wajah secara berlebihan. Fungsi scrub  memang untuk mengangkat sel kulit mati penyebab wajah kusan, gelap, dan berjerawat agar beregenerasai menjadi sel kulit baru yang lebih bersih dan sehat. Namun, jika pemakaiannya berlebihan akan menyebabkan iritasi kulit. Pilihlah scrub yang memiliki tekstur butiran halus, mengandung alpha atau beta hydroxy acid yang dipakai tidak lebih dari seminggu sekali. Jangan dipakai terlalu sering akan membut kulit menjadi tipis.

Menyemprot Parfum ke Rambut
Hindari menyemprot parfum langsung pada rambut. Parfum mengandung alkohol yang dapat menyebabkan rambut kering. Rambut kita tetap bisa menebarkan aroma kesayangan kita dengan menyemprot parfum pada telapak tangan, gosok beberapa kali agar alkohol alkohol sedikit menguap lalu usap pada rambut.

Mengaplikasikan Kondisioner dari Akar hingga Ujung Rambut
Jika kita ingin menggunakan kondisioner pada rambut, jangan memberikan kondisioner dari akar rambut. Cukup aplikasikan dari tengah rambut hingga ujung rambut. Akar rambut memiliki kandungan minyak alami rambut. Memberikan kondisioner pada bagian ini akan membuat rambut lepek dan terkesan berminyak.

Tidur Masih dengan Riasan Wajah
Sering kali saat pulang dari beraktivitas, kita malas untuk membersihkan badan atau sekadar mencuci wajah. Jangan jadikan malas sebagai alasan untuk tidak membersihkan riasan wajah dan membiarkan kotoran dan debu menempel diwajah saat terlelap hingga pagi hari. Kebiasaan ini dapat memicu masalah kulit yang serius seperti komedo dan jerawat.

Pemakaian Kosmetik Kadaluwarsa
Jangan tergiur dengan promosi diskon atau potongan harga pada sebuah produk kosmetik yang ternyata akan habis masa aman pemakaiannya dalam waktu dekat atau justru sudah kadaluwarsa. Selalu perhatikan masa kadaluwarsa suatu produk yang dipakai agar kita memiliki waktu yang cukup untuk menghabiskannya sebelum masa aman pemakaian habis. Sebaiknya, jangan gunakan produk kecantikan lebih dari 12 bulan setelah dibuka.

Tumpang Tindih Riasan Wajah
Jangan memperbaharui riasan wajah secara berulang-ulang di atas riasan sebelumnya. Hal ini akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan masalah pada kulit seperti iritasi, jerawat, dan komedo. Sebaiknya, jika ingin merias kembali wajah di siang hari, hapus terlebih dahulu riasan sebelumnya.

Penggunaan Alat Rias yang Kotor
Alat rias, seperti kuas dan spons harus dirawat dengan baik karena penggunaan alat rias yang kotor hanya akan menyebabkan berbagai masalah kulit. Sebaiknya, mencuci alat rias seminggu sekali.

Menggaruk Kepala
Jika kita sering menggaruk kepala maka jangan menyentuh wajah setelahnya. Tangan bekas menggaruk kepala akan memindahkan kotoran dan bakteri di kulit kepala  ke kulit wajah sehingga memicu masalah kulit. Berhentilah menggaruk kepala dan sering-seringlah mencuci tangan.

Tidak Memakai Pelindung Wajah saat Beraktfitas di Luar Ruangan
Jangan biarkan wajah terpapar sinar matahari pada siang hari tanpa perlindungan SPF. Sebaiknya gunakan krim pelembab yang mengadung SPF yang sesuai untuk daerah tropis, yaitu 10-20 SPF. Daya tahan SPF sesuai warna kulit adalah sebagai berikut.
Kulit putih: 10 menit
Kulit sawo matang : 15 menit
Kulit gelap : 20 menit

Jadi, jika si A memiliki kulit putih atau kuning langsat dan menggunakan krim pelembab dengan SPF 15 maka daya tahan krima adalah 15 x 10 menit = 150 menit / 2 jam 30 menit. Oleh karena itu, si A harus mencuci muka dan kembali memakai krim pelembab yang mengandung SPF setiap 2 jam 30 menit selama berada diluar ruangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar