Kamis, 16 Juni 2016

Mengatasi Kulit Wajah Berjerawat

Jerawat merupakan permasalahan kulit yang rumit. Jika tidak ditangani dengan serius akan menyebabkan kondisi makin parah. Apalagi saat akan menghadiri sebuah acara penting, munculnya jerawat selalu membuat senewen hingga tidak percaya diri.

Jerawat muncul karena pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan benjolan yang di dalamnya terdapat nanah yang meradang. Penyebab munculnya jerawat bermacam-macam, antara lain faktor hormonal yang memicu timbulnya jerawat. Siklus menstruasi, penggunaan pil KB, setres, atau kehamilan, produksi minyak berlebih di kulit, serta kurang menjaga kebersihan wajah. Jerawat membandel biasanya membutuhkan perawatan khusus dengan berkonsultasi pada dokter kulit, tapi harus menyediakan dana yang tidak sedikit untuk melakukannya. Sebelum berkonsultasi ke dokter, tidak ada salahnya kita mencoba tips-tips mengatasi jerawat berikut ini.

Menyegarkan Kulit Berjerawat
Air mawar berkhasiat dalam mengurangi peradangan pada kulit berjerawat dan sebagai antiseptik. Kulit yang tampak kemerahan akan terlihat bersih. Selain itu juga berfungsi membersihkan pori-pori yang tersumbat. Caranya dengan membasuh wajah dengan air mawar dua kali sehari.

Madu
Madu alami efektif mengatasi peradangan kulit berjerawat dan mengempiskan jerawat yang membesar. Cukup oleskan madu di wajah seperti masker, diamkan 15-25 menit, kemudian dibilas dengan air. Jika madu membuat wajah menjadi kering, oleskan pelembab setelah memakai masker tersebut.

Pepaya dan Nanas
Pepaya dan nanas jika digabungkan menjadi masker memiliki efek ajaib untuk menghilangkan jerawat. Gunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Putih Telur
Penyebab jerawat yang paling sering ditemui adalah pori-pori kulit yang kotor. Untuk mengatasi jerawat karena kulit tersumbat pori-pori kotor, gunakan masker putih telur dengan membersihkan pori-pori. Gunakan putih telur  lampung yang sudah dikocok hingga lembut. Oleskan pada kulit, lalu diamkan selama 20 menit hingga terasa kering dan kencang. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan handuk basah atau air hangat-hangat kuku.

Hindari Memencet Jerawat
Kurangi kebiasaan memencet jerawat karena jerawat cenderung makin sensitif dan membengkak. Jika jerawat sudah matang, jangan memencet karena akan menyebabkan noda hitam pada wajah.

Gunakan Pembersih Wajah yang Tepat
Siapkan sabun wajah yang berfungsi untuk mengatasi kulit berjerawat san berminyak disebut oil control. Gunakan pembersih wajah yang mengandung sulfur dalam jumlah sedikit yaitu 2,5%. Jika kurang ampuh, dapat memilih pembersih wajah yang kandungan sulfur 5% atau 10%. Bersihkan wajah menggunakan pembersih wajah setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Hal ini akan membantu mengurangi kotoran dan minyak yang menempel pada wajah.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung citric acid yang sangat baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab munculnya jerawat. Cara pakainya sangat mudah, siapkan jus atau perasan jeruk nipis, campurlah dengan air mawar kemudian oleskan diwajah. Biarkan  kira-kira 15-20 menit. Jika sudah mengering, bilas dengan air hangat. Lakukan ini dengan rutin dan konsisten selama lebih kurang 15 hari dan lihat hasilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar