Kamis, 16 Juni 2016

Mengatasi Kulit Berminyak

Wanita yang memiliki kulit berminyak pasti akan merasa kerepotan karena cenderung memiliki kelebihan minyak di wajah yang menghasilkan wajah mengkilap. Apalagi saat cuaca sedang panas, keringat membuat kulit terlihat makin berminyak. Produksi minyak oleh tubuh sebenarnya baik, yakni agar kulit tetap sehat tapi jika kadar minyak yang diproduksi berlebihan dapat menyebabkan noda dan muncul masalah kulit berminyak. Wajah yang mengkilap karena berminyak akan membuat tampilan wajah menjadi kurang segar, lengket dan terlihat kotor. Berikut cara terbaik mencegah wajah tidak mengkilap dan berminyak.

Pembersih Wajah
Cara paling efektif untuk mengatasi kulit berminyak adalah membersihkan wajah pagi dan malam hari. Pakailah pembersih yang lembut dan ringan karena pembersih muka yang keras akan menyebabkan kulit meningkatkan produksi minyak.

Gunakan Handuk Khusus Wajah
Sebaiknya, setelah membersihkan wajah, jangan menggunakan handuk kotor atau handuk untuk badan. Hal ini kurang baik karena bakteri dan kotoran yang menempel di handuk dari badan dapat berpindah ke wajah. Solusinya, siapkan selalu handuk khusus untuk wajah.

Toner atau Penyegar Wajah
Aplikasikan toner sesuai jenis kulit, usapkan pada area yang berminyak dan lengket, seperti dahi, dagu, dan hidung. Manfaat toner untuk wajah berminyak adalah membersihkan dan menghilangkan kadar minyak berlebih, mengecilkan pori-pori, dan mengembalikan kadar keasaman pad akulit supaya kulit siap dengan perawatan kosmetik.

Selalu Siapkan Kertas Minyak
Kertas minyak menjadi solusi praktis untuk menghilangkan kilap dan menghisap minyak di wajah kapan pun dan dimanapun merasa perlu memakainya. Perlu diperhatikan, saat menggunakan kertas minyak hindari menggosok-gosokkan ke kulit, cukup menekan pelan-pelan ke area wajah yang berminyak. Seketika minyak akan terlihat langsung menempel pada kertas minyak.

Mentimun
Untuk mengatasi kulit berminyak, dapat menggunakan mentimun. Caranya, siapkan satu buah mentimun, lalu belahlah menjadi empat memanjang. Cacahlah bagian dalam yang berbiji, lalu gosoklah kewajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 10-15 menit. Bersihkan dengan air hangat. Setelah itu, keringkan dengan handuk bersih. Langkah terakhir, berikan pelembab untuk menutrisi kulit.

Bengkoang dan Kentang
Bengkoang dan kentang dapat mengatasi minyak dan mengecilkan pori-pori pada wajah. Siapkan bengkoang dan kentang secukupnya. Kemudian haluskan dan campurlah hingga merata. Setelah itu, jadikan masker di bagian wajah yang  telah dibersihkan terlebih dahulu.

Kosmetik
Beberapa bahan kosmetik, seperti  foundation, bb cream, dan bedak dapat dijadikan solusi untuk mengontrol minyak pada wajah. Pilihlah jenis bedak bubuk agar mampu menyerap minyak, seperti spons. Selain itu, kita dapat menggunakan foundation  dan bb cream yang memiliki kandungan oil control. Pilihlah bedak khusus untuk kulit berminyak untuk meminimalkan produksi minyak di wajah.

Scrub atau Masker Wajah
Ada baiknya mulai rutin melakukan perawatan wajah seperti scrub, masker atau peeling seminggu sekali. Pilihlah produk perawatan yang mengandung bahan-bahan alami yang dapat mengontrol kelebihan minyak.

Jangan Memencet Jerawat

Jika ada jerawat yang sedang meradang dan memerah, jangan memencetnya. Kebiasaan ini akan memicu jerawat makin parah dan produksi minyak di sekitar wajah berjerawat makin berlebih. Sebaiknya, pakailah obat jerawat yang berfungsi mengeringkan jerawat agar jerawat tidak menimbulkan bekas dan kulit terlihat segar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar