Kamis, 16 Juni 2016

Tips Riasan Tahan Lama

Riasan yang cepat luntur bisanya disebabkan oleh udara panas, keringat, serta minyak di wajah.  Merias ulang riasan yang sudah ada terkadang menyita waktu. Namun, hal itu bisa diatasi, berikut adalah trik untuk mendapatkan riasan yang tahan lama.

Dasar Wajah
Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum memakai riasan, kemudian oleskan pelembab dan diamkan selama 10 menit agar pelembab meresap ke dalam kulit. Setelah itu oleskan alas bedak atau foundation yang mempunyai formulasi khusus oil control untuk mengontrol minyak di wajah dan untuk membuat riasan tahan lama. Gunakan alas bedak atau foundation  satu tingkat lebih cerah dari warna kulit. Lalu, gunakan bedak tabur yang lebih gelap agar riasan tidak belang saat mulai luntur. Setelah itu seraplah wajah dengan kertas minyak hingga lapisan minyak terangkat. Tambahkan lagi bedak tabur ke seluruh wajah.

Riasan Mata
Gunakan eyeliner yang tahan air (waterproof) sehingga lebih tahan lama terhadap keringat dan udara lembab. Lebih baik gunakan eyeliner cair yang memiliki kemampuan tahan lama empat kali lipat  dibandingkan eyeliner pensil. Sama halnya dengan maskara, pilihlah maskara yang tahan air (waterproof), fungsinya tidak hanya membuat bulu mata lentik dan tebal tapi juga menjaga rias mata agar tidak mudah pudar dan luntur. Setelah membubuhkan maskara di bulu mata, bubuhkan bedak tabur di atasnya agar maskara tidak mudah luntur dan bulu mata lebih tebal. Untuk mengaplikasikan eyeshadow ke kelopak mata, sebaiknya gunakan terlebih dahulu concealer yang tidak mengandung minyak (oil free). Setelah itu, baru mengoleskan eyeshadow netral seperti warna beige, krem atau putih.

Bedak Tabur dan Bedak Padat
Kombinasikan dua jenis bedak, bedak tabur dan bedak padat untuk mendapatkan riasan wajah yang halus dan tahan lama. Setelah itu menggunakan foundation dan blush on, aplikasikan bedak tabur dengan warna yang sesuai kulit dengan menggunakan puff atau spons. Lakukan dengan ditepuk-tepukan ke wajah agar butiran lebih merata. Proses menepuk akan membuat bedak lebih merata di semua bagian dan lebih tahan lama meskipun memiliki kulit berminyak. Setelah itu, baru mengoleskan bedak padat. Bedak padat harus digunakan dengan cara ditekan-tekan di permukaan kulit. Berilah tekanan yang sedikit kuat. Khususnya diarea berminyak seperti dahi, hidung, dan dagu agar tidak mudah berminyak.

Bibir

Untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah, oleskan lip balm sebelum menggunakan lipstik. Biarkan meresap selama satu menit lalu hapus dengan tisu. Oleskan alas bedak atau concelaer  pada bibir dan bubuhkan sedikit bedak tabur. Setelah itu, baru sapukan lipstik. Pilihlah lipstik berjenis matte yang memiliki kemampuan  lebih tahan lama daripada lipstik dengan efek glossy. Setelah lipstik dipulaskan,, letakkan satu lapis kertas tisu di atas bibir secara perlahan untuk menghilangkan minyak lipstik. Sebenarnya, minyak lipstik inilah yang membuat warna lipstik kita mudah memudar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar